Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio vs Avanza



Perbandingan Mobilio vs Avanza - Honda Mobilio kini menjadi pesaing baru Avanza yang tidak bisa diremehkan, bahkan diawal munculnya saja untuk penjualan sudah mengalahkan pesaingnya tersebut. Kini Avanza libih banyak berbenah untuk menghadapi pesaingnya tersebut. Ingin tau Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio & Avanza? 

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio vs Avanza :

Ground Clearance

Untuk ground clearance bila dibandingkan dengan Toyota avanza, mobilio memiliki ground clearance lebih rendah dari Avanza, yaitu 189 mm. Dengan Ground Clearance yang lebih tinggi, avanza diklaim lebih aman jika melintasi genangan air atau banjir.

Penggerak Roda

Penggerak roda belakang akan lebih kuat ketika melibas jalanan yang jelek atau ketika jalan menanjak. Nah mungkin honda mobilio ini memang di desain untuk wilayah dalam kota.

Kesejukan AC

Pada honda mobilio dengan tipe yang paling murah, kesejukan AC tidak merata. Namun hal ini tidak perlu dirisaukan jika anda membeli Honda Mobilio tipe tertinggi. Yuk kita intip komparasi visual antara Honda Mobilio vs Toyota Avanza


Desain Eksterior Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Toyota Avanza sudah mengalami perubahan major change sejak tahun 2011 silam. Untuk model terbarunya mulai dari eksterior dan interior membuatnya tampak terlihat lebih mewah bila dibandingkan versi sebelumnya. Namun bila dilihat belakangan ini, Toyota Avanza lebih terlihat Sporty khususnya untuk Avanza Velos. 

Sedangkan Honda Mobilio, mobil ini merupakan produk terbaru dari Honda yang tentunya masih sangat segar meskipun mengambil basis dari Honda Brio yang dipanjangkan dan ditinggikan. Dari depan sangat kental sekali terlihat model dari Honda Brio. Dari bentuk lampu depannya sangat mirip, hanya saja grille dan bumper depannya dibuat berbeda. 



Interior Honda Mobilio & Avanza




Honda Mobilio mempunyaiinterior yang kurang berkualitas dan didesain kurang menarik. Mobilio menggunakan material plastik yang keras, tidak mewah dan terlihat murahan, bahkan Mobilio menggunakan dashboard yang sama dengan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car), perbedaannya pada Mobilio diberikan speedometer dengan iluminasi biru dan finishing glossy pada pinggir lubang AC.

Sedangkan pada Avanza Veloz, yaitu model Avanza tipe tertinggi, sudah dilengkapi dengan audio control pada bagian setir. Sebaliknya, meskipun belum dilengkapi dengan audio control pada setir, Honda Mobilio Prestige yang merupakan tipe tertinggi, sudah dilengkapi head unit touch screen lengkap dengan kamera mundur.


Soal akomodasi, kedua mobil ini 11-12. Baik Toyota Avanza dan Honda Mobilio sama-sama lega dan tinggi, kursi baris tengah juga sama-sama memiliki kepraktisan yang sama karena bisa digeser seperti kursi depan. Hanya saja Honda Mobilio masih terlihat sedikit murahan karena melakukan sharing platform dengan Honda Brio pada jok depan yang tidak bisa di atur ketinggian head rest-nya. Sedangkan pada Toyota Avanza meskipun kursi depannya kurang nyaman diduduki, ketinggian headrest bisa diatur dengan mudah.



Performa Mesin Honda Mobilio vs Toyota Avanva

Jika membandingkan mesin Honda Mobilio dan Toyota Avanza sebenarnya jauh lebih unggul mesin Honda Mobilio yang dibekali dengan mesin bertenaga 118 Ps penggerak roda depan. Sedangkan Toyota Avanza dibekali dengan dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc dengan penggerak roda belakang yang memiliki tenaga 109 ps dan 92 Ps. 

Akan tetapi kedua mobil ini sama-sama mempunyai keunggulan karena memiliki penggerak roda yang berbeda pula. 


Toyota Avanza lebih unggul pada jalan menanjak karena memiliki penggerak roda belakang. Sedangkan Honda Mobilio memiliki penggerak roda depan yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga di perkotaan atau jalan lurus. 

Fitur Honda Mobilio vs Toyota Avanva

Baik Honda Mobilio dan Toyota Avanza sebenarnya hampir sama dalam fitur yang diberikan. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, audio dengan USB dan AUX juga power windowelectric mirror dan AC double blower. Bahkan untuk Honda Mobilio tipe E CVT, rem nya sudah dilengkapi dengan ABS.


Artikel Terkait

Toyota 8380987252024241331

item