Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator

Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator – Saat ini penjualan motor matic di Indonesia masih menempati urutan teratas. Dan bila dulu ada HP sejuta umat, maka akan adil jika motor matic juga dianggap sebagai motor sejuta umat. Dengan bentuk dan cara penggunaan yang praktis, motor matic cocok untuk dikendarai oleh laki-laki maupun perempuan.

Kali ini kami akan berbagi Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator agar motor matic Anda tetap nyaman dikendarai. Berikut ini beberapa Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator yang harus Anda lakukan sebagai bukti cinta dan kasih sayang terhadap motor matic yang sudah setia mengabdi kepada Anda selama ini.



Berikut Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator:

Panaskan Motor:

Motor matic injeksi cukup dipanaskan selama 1-2 menit. Memanaskan motor matic merupakan salah satu cara merawat motor yang paling mudah. Hal tersebut bertujuan agar oli dalam mesin menyebar rata pada seluruh bagian mesin sebelum benar-benar digunakan.

Periksa Kondisi Busi:

Warna kepala atau mata busi yang berfungsi baik berwarna cokelat bata, sedangkan warna busi yang putih, pucat atau hitam mengidikasikan settingan yang salah pada karburator dan/atau spuyer.

Periksa Aki:

Apabila motor matic Anda menggunakan aki basah, periksalah ketinggian aki secara rutin, dan segera tambahkan air aki bila terlihat sudah terlalu sedikit.

Ganti Oli Mesin:

Periksa jarak tempuh dalam speedometer Anda, segera ganti oli mesin setiap motor sudah menempuh jarak 3000 km.

Ganti Oli CTV:

Oli CVT berfungsi untuk melumasi bagian CVT, dimana CTV adalan bagian pada motor matic yang berfungsi sebagai pengatur transmisi motor matic.

Periksa Kenyamanan Suspensi:

Secara berkala cek kondisi shockbreaker motor matic Anda. Jika dirasa mulai keras, periksa apakah shockbreaker bocor, bila perlu tambahkan oli suspensi.

Lakukan Servis Rutin di Bengkel Resmi:

Servis rutin harus dilakukan di bengkel resmi, segera setelah motor matic Anda menempuh jarak 1500-2000 km.

Perawatan motor matic tidak berbeda jauh dengan perawatan pada motor jenis bebek. Perbedaanya hanya pada bagian-bagian tertentu saja, misalnya V-belt/ timing belt dan oli v-belt. Demikianlah Tips Cara Merawat Motor Matic Jenis Injeksi dan Jenis Karburator. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Tips Motor 1970175848356040083

item