Tips Agar Aki Kering Anda Bisa Tahan Lebih Lama


Ada dua model aki yang sering dipakai kendaraan Roda 4 dan Roda 2. Kedua jenis aki ini yaitu aki basah yang menggunakan cairan elektrolit atau air aki. Sedangkan yang satunya yaitu aki kering yang berisi elektrolit berbentuk gel.

Saat ini, hampir semua pabrikan sepeda motor setelah melengkapi produknya dengan aki kering. Hal tersebut memudahkan pengguna sepeda motor buat nggak perlu repot lagi mengontrol volume air aki bagaikan yang sering dilakukan pada aki basah.

Meski nggak lagi memerlukan perhatian spesifik alias maintenance free, buat menambah umur aki kering, tak ada salahnya kalau kita mengecek apakah tegangan yang dihasilkan sejak baterai kering ini masih normal (12 volt).

"Aki kering memang lebih awet & tidakperlu perawatan layaknya yang sering dilakukan pada akibasah. Biasanya untuk masa pakai aki kering maksimal adalah setahun. Dengan Tips ini kita dapat memperpanjang umur baterai itu," ungkap Sawaludin, pemilik toko aki di sebuah bilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

Sawaludin menyarankan agar mengecek tegangan pada aki setiap 3 bulan sekali. Kalau tegangan kurang atau di bawah 12 volt, baterai tersebut wajib di stroom kembali. "Jangan tunggusampai baterai koit sama sekali, yang nantinyawajib mengganti dengan baterai yang baru," wantinya.

"Jika kita seringsering mengecek tegangan pada baterai, & menyetroomnya kalau tegangan berkurang, hasilnya, umur baterai akan lebih panjang," pungkasnya.

Artikel Terkait

Tips Motor 3975519191371083885

item