Cara Membersihkan Reservoir Air Radiator

Cara Membersihkan ReservoirAir Radiator - Air yang macet pada radiator dapat disebabkan karena sumbatan kotoran yang berada dalam radiator. Dalam beberapa kasus, air yang macet juga dapat disebabkan kerena adanya korosi pada radiator. Penumpukan kotoran yang terjadi dalam waktu yang lama kemudian akan mengendap di bagian dalam radiator. Kemacetan air radiator itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan mesin menjadi mudah panas.


Proses Terbentuknya Korosi dan Penyumbatan Reservoir Air Radiator:

Air radiator yang tidak diganti menyebabkan radiator menjadi keruh dan kotor. Selanjutnya air akan turun dan mengotori tabung reservoir. Bila tabung cadangan air tidak segera dibersihkan, tabung tersebut lama-kelamaan tidak hanya berfungsi sebagai cadangan air, tapi lebih parah lagi, tabung tersebut juga berfungsi sebagai cadangan kotoran dan kerak.

Langkah-Langkah Cara Membersihkan Reservoir Air Radiator:

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk membersihkan reservoir air radiator adalah deterjen cair (jangan gunakan sabun colek), sikat gigi bekas, atau sikat yang agak panjang dan air dingin yang bersih. Langkah-langkah membersihkannya adalah sbb:
1. Pastikan bahwa mobil mati dan suhu mesin sudah dingin.
2. Copot tabung reservoir dari dudukannya.
3. Setelah itu masukkkan air dingin dalam tabung secukupnya.
4. Tambahkan detergen cair secukupnya, lalu kocok dan gosok semua sudut bagian dalam tabung sampai bersih.


Biasanya reservoir radiator tidak akan bersih hanya dengan sekali cuci, karena itu ulangi proses pembersihan reservoir radiator hingga beberapa kali agar mendapatkan hasil yang benar-benar bersih. Demikianlah Tips Cara Membersihkan Reservoir Air Radiator, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tips Mobil 6531523991456166260

item