Penyebab Knalpot Mudah Berkarat dan Bocor

Penyebab Knalpot Berkarat dan Bocor - Sistem pembuangan gas pada motor, atau sering kita sebut dengan knalpot adalah salah satu komponen terpenting pada sebuah motor. Knalpot yang berkarat dan bocor  akan menimmbulkan masalah, misalnya suara motor menjadi bising dan bahkan mengurangi performa motor. Knalpot bertugas meredam suara ledakan karena proses pembakaran yang terjadi di mesin. Masalah yang paling sering terjadi pada knalpot adalah kebocoran. Secara umum, penyebab kanlpot motor bocor adalah karat, dan karat dapat terjadi karena beberapa hal. Tiga penyebab knalpot berkarat dan bocor akan kami jelaskan di bawah ini :


3 Penyebab Knalpot Berkarat dan Bocor:

Karat pada knalpot dapat disebabkan karena kotoran yang bercampur air dan melekat terlalu lama pada knalpot yang akhirnya mengakibatkan korosi. Knalpot yang berarat dan tidak segera diperbaiki dapat menjadi bocor dan manimbulkan masalah yang lebih besar.

Karat pada knalpot dapat pula disebabkan karena kondensasi. Perbedaan suhu antara bagian luar dan bagian dalam knalpot dapat menyebabkan karat. Kerusakan karena kondensasi dapat terjadi lebih cepat pada daerah yang memiliki kadar garam tinggi, misalnya daerah di pesisir pantai.

Selain dua hal di atas, karat pada motor dapat terjadi karena terdapat air yang mengendap dalam knalpot. Berbeda dengan penyebab knalpot berkarat dan bocor sebelumnya, air yang bersih pun dapat menyebabkan karat. Hal tersebut sering terjadi pada motor yang selalu digunakan dalam kecepatan yang sangat rendah (misalnya bila pemilik sudah berusia lanjut).

Mungkin banyak diantara Anda yang menganggap remeh fungsi knalpot dalam dalam menunjang performa kendaraan. Walaupun fungsi mesin lebih dominan daripada knalpot, gangguan yang terdapat pada salah satu komponen motor akan mengakibatkan penurunan performa motor secara keseluruhan. Karena itu, perawatan knalpot tetap menjadi hal yang penting. Demikianlah Penyebab Knalpot Berkarat dan Bocor, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Artikel Terkait

Tips Motor 5502097082072554396

item