Perang Hatchback Di Akhir Tahun 2014

Pada tahun lalu, tercatat total penjualan mobil di Indonesia menyentuh 1.226.199 unit. Angka tersebut naik 10 % sejak total 1.116.230 unit yang terjual pada tahun 2013. Pencapaian tersebut diprediksi akan stagnan di 2014. Bahkan, ada kalangan yang meramalkan akan kurang sejak pencapaian tahun 2013. Pun demikian, para pelaku bisnis di dunia otomotif nggak menyerah Mereka tetap menggairahkan & menggerakkan pasar dengan beragam produk-produk baru. Dan, ini dia hatchback-hatchback terbaru yang meluncur di akhir-akhir 2014.


1. Datsun GO
Nissan ahirnya kini menghidupkan Datsun kembali setelah lama mati suri. Datsun GO akan menjadi produk pertama mereka. sesudah mempertunjukkannya di IIMS 2014, Datsun GO siap bersaing dengan Honda Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla & Suzuki Karimun Wagon R.


Datsun GO mempunyai desain agresif & menarik. Interiornya, juga menarik dengan sentuhan desain Eropa & praktikalitas a la kei car. Material yang digunakan nggak mewah, namun nggak kalah sejak kompetitor di kelasnya. Transmisi & remtangan dipindahkan di wilayah dashboard sehingga menyajikan ruang siku lebih luas bagi penumpang depan & pengemudi. Datsun GO menggunakan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,2 liter yang difokuskan supaya lebih hemat bahan bakar & mudah dalam perawatannya.

2. New Hyundai i10
Hyundai i10 telah berkembang semakin baik seperti yang terlihat pada model terbarunya ini. Model yang didesain, dibangun, serta di­rangkai di Eropa tersebut mempunyai tarikan garis desain yang mengacu pada filosofi ‘Fluidic Sculpture’ yang khas Hyundai.



Untuk penampilan pada bodinya menjadi lebih besar serta lebih rendah diban­dingkan sebelumnya. Hyundai i10 mempunyai dua pilihan mesin di Eropa, yaitu Hyundai i10 dengan mesin berkapasitas 1,0 liter tiga silinder (65 hp & 94 Nm) dan mesin berkapasitas 1,2 liter empat silinder (85 ps & 120 Nm).

3. All new Hyundai i20
Hyundai i20 yang di bangun di atas platform terbaru, i20 dipastikan akan mempunyai dimensi lebih luas ketimbang generasi sebelumnya.


Pada Hyundai i20 akan tersedia pilihan mesin 1,4 liter bensin. Bahasa desain Fluidic Sclupture akan menjadi daya tarik tambahan i20. Selain itu, Hyundai i20 tersebut akan dibekali dengan fitur-fitur menarik. Berbekal i20, Hyundai ingin menegaskan keseriusan mereka menggarap pasar otomotif dunia.

4. All new Honda Jazz
All new Honda Jazz akan masuk Indonesia pada akhir 2014 nanti serta langsung di CKD di Indonesia. menggunakan mesin 1,5 liter i-VTEC berteknologi Earth Dreams, Honda Jazz terbaru ini akan mewarisi legacy pendahulunya selaku small hatchback bertenaga paling besar di kelasnya.


Dilihat dari segi desain, all new Honda Jazz terlihat sangat menarik dengan desain baru. kalau mobil Jazz lama terlihat mengadopsi garis kaku layaknya sebuah kotak, all new Jazz terlihat lebih bulat. Interiornya juga luas serta lebih fleksibel.

5. All new Toyota Yaris
All new Toyota Yaris kini akan mulai diproduksi di Indonesia (bukan hanya CKD). Dari dimensinya, nggak ada belainan dengan Toyota Yaris yang lebih dahulu dirilis di Thailand. Hatchback tersebut mempunyai sumbu roda yang sama dengan sedan Vios, yaitu 2.550 mm.



Namun berbeda dengan All New Yaris di Thailand, Yaris made in Indonesia akan menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter yang lebih bertenaga serta tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 akselerasi & otomatis empat percepatan. Sayangnya, dari segi output tenaga, Yaris masih tertinggal dari rivalnya yaitu  Honda Jazz.

6. Ford Fiesta EcoBoost
Pada mesin Fiesta EcoBoost mempunyai spesifikasi yaitu mesin 3-silinder, 999 cc dengan tenaga 120 hp di 6.000 rpm, serta torsi 170 Nm di 1.700-4.500 rpm.

Fiesta EcoBoost merupakan teknologi dari Ford yang menciptakan mesin berkapasitas kecil, dengan komponen mesin 20% lebih sedikit, namun menghasilkan tenaga besar di putaran bawah & atas. Fleksibilitas mesin tersebut berujung pada pemakaian BBM yang irit.

Itulah beberapa Mobil Hatchback yang hadir di akhir-akhir tahun 2014 ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua khususnya yang sedang mencari mobil di kelas Hatchback.

Artikel Terkait

Toyota 163046721128436709

item