Spesifikasi, Keunggulan, Serta Harga Suzuki Grand Vitara


Mobil SUV buatan Suzuki yaitu Grand Vitara mulai diperkenalkan di Indonesia tahun 2006 lalu melalui ajang Indonesia International Motor Show. Mobil SUV tersebut mempunyai dua variant mesin yaitu 2.0L & 2.4L, namun seiring berkembangnya zaman, versi bermesin yang lebih kecil telah dihentikan penjualannya dari bulan Desember 2012 dan hanya mesin 2.4L yang tersedia dalam transmisi manual dan juga otomatis.

Grand Vitara adalah generasi dari mobil legendaris Suzuki yang bernama Escudo. Grand Vitara ini didatangkan langsung dari negeri asalnya yaitu Jepang, dengan utuh atau completely built unit. Layaknya sebuah produk mobil CBU, Pada prosesi peluncurannya dilakukan secara meriah oleh SIS, bertempat di Hotel Dharmawangsa, jakarta yang dihadiri oleh sejumlah media otomotif nasional.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Suzuki Grand Vitara, mulai dari spesifikasi, keunggulan, serta harga yang di pasarkannya di Indonesia. Yang pertama kita mulai dengan spesifikasi Suzuki Grand Vitara.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara

Konsep dari Grand Vitara ini mengambil tema Discovery Redefined, yang berarti kata petualangan dengan tips mereka sendiri serta berharap bisa diterima baik oleh para penggemar kendaraan berbasis SUV 4×4 di tanah air. penemuan mesin dilakukan terutama pada teknologi variable valve timing yang disempurnakan, Mesin J12B DOHC 16 valve tersebut dilengkapi sistem Mpi buat distribusi bahan bakarnya Drive by Wire sekaligus ECM guna menimalkan tingkat konsumsi bahan bakarnya. Hal tersebut sekali lagi membuktikan bahwa Escudo type terbaru tersebut telah beralih menjadi sebuah SUV urban.

Namun urusan tenaga, cukup bisa dibanggakan, daya ledaknya menyentuh 166 PS per 600 Rpm sedangkan torsi diangka 225 Nm per 4000 rpm. Suspensi merupakan perpaduan sejak Macpherson strut pada bagian depan & Multilink dibelakngnya yang didukung ladder frame built tersebut chassis yang menyatu dengan bodi monokok.

Exterior mau tak mau wajib diakui terlihat lebih rapi serta terkesan elegan meski tetap menghadirkan kesangaran yang ditampilkan oleh mobil adventure Suzuki ini. Fitur yang diberikan meliputi desain lampu utama yang lebih massive serta dilengkapi dengan fitur High Intensity discharge dan juga auto leveling yang menyesuaikan intensitas penyinaran secara otomatis, sporty look terlihat pada bentuk V pada grill radiator & reflektor belakang, kaki kaki menggunakan alloy wheel 10 spoke berdimensi 18 inch yang terkesan kokoh.


Kata mewah, itulah kata yang akurat buat menggambarkan suasana yang ada didalam kabin sang agresor ini, yang didominasi dengan warna hitam pekat serta jok yang dilapisi bahan kulit kualitas unggulan. Pada kokpit terdapat multi information display yang menampilakan suhu didalam ruangan serta konsumsi bahan bakar paling aktual. Center panel tersebut mempunyai beragam tombol yang mengatur kegunaan automatic Aircon & juga fasilitas audio 2 Din dengan kegunaan player CD, MP3, DVD, automatic volume control & kompatibel buat beragam gadget masa sekarang bagaikan iPod dengan interface & layar sentuh.

Pemilihan color line up sejak SUV tersebut sebetulnya cukup atraktif dan juga lagi lagi unique hingga mampu menunjang kesan yang ingin ditampilkan secara keseluruhan yaitu tangguh, agresif, sporty namun tetap elegan serta mewah danbernuansa premium. Namun tak jarang para pemiliknya serta penggunanya memodifikasi warna Suzuki Vitara dengan keinginan mereka sendiri, umumnya dengan kelir yang lebih bernuansa off roaders.

Di Indonesia sendiri, SIS menawarkan opsi ragam corak yang lebih fashionable & stylish. Pilihan warna untuk Grand Vitara sendiri yaitu bluish black pearl metallic, pearl white, silky silver metallic, bison brown pearl metallic, gaia bronze pearl metallic, serta quasar grey metallic.

Keunggulan Suzuki Grand Vitara

Meskipun tak bisa dikatakan sebagai mobil paling favorit dikelasnya, namun dengan harga yang cukup bersaing, mobil tersebut cukup layak buat dijadikan pilihan bagi para penggemar mobil sport adventure. Disamping itu, SUV tersebut juga mempunyai beberapa keunggulan diantaranya rigiditas platform & body yang cukup baik sebab memakai platform yang menyatu dengan bodi monocoque, styling eksterior Grand Vitara yang cukup unik dan juga berbeda dengan tipikal kendaraan adventure pada umumnya hingga membuatnya cukup klasik & layak menjadi collection item di segmen medium vehicle, dengan tenaga mesin yang cukup mumpuni dan tergolong ekonomis BBM & aplikasi teknologi yang advanced, Suzuki nampaknya tidak akan sayang buat menerapkan teknologi tercanggih miliknya pada mobil andalannya tersebut.

Harga Suzuki Grand Vitara

Harga mobil Grand Vitara telah mengalami beberapa penyesuaian. Namun menurut pihak produsen, harga yang ditawarkan masih berada di bawah mobil dari kompetitornya. Dari beberapa tipe yang pernah dikeluarkan, Grand vitara versi Sidekick merupakan kelas terendah dengan harga termurah, tentu saja juga diikuti dengan penurunan beberapa tingkat sesuai spesifikasinya atau spec down dari tipe yang lain.

Di Indonesia, Type 2.4 A/T merupakan versi termahal yang mana SIS melepasnya dengan banderol dikisaran Rp.345,7 juta, harga tersebut merupakan harga on the road Grand Vitara untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, sedangkan buat di beberapa kota lainnya terutama di luar pulau Jawa, harga ini bisa mengalami peningkatan yang disebabkan oleh biaya pengiriman barang serta pajak lokal setempat di masing masing daerah.

  Cek Harga Terbaru Suzuki Grand Vitara disini  




Artikel Terkait

Review 1765902619250552537

item