Wow, Ada Bus Berbahan Bakar Tinja dan Sisa Makanan


Dimana saat ini bangsa kita masih mempersoalkan masalah kenaikan BBM, di negara Inggris kini tidak lagi ketergantungan dengan BBM. Saat ini di Inggris telah mempunyai armada Bus yang bahan bakarnya menggunakan Tinja dan Sisa makanan.

Bus berbahan bakar tinja & sisa makanan tersebut adalah yang pertama di Inggris, dengan perusahaan Geneco sebagai produsennya. Bagi mereka sebenarnya bukanlah kendaraan pertama yang memakai bahan bakar tinja. Sebelumnya juga mereka pernah mengubah VW Beetle menjadi kendaraan yang memakai bahan bakar tinja.

Tinja & makanan sisa itu diproses oleh mikroorganisme sehingga menghasilkan biogas atau biometana. Biometana tersebut lah yang dipakai sebagai bahan bakar bus. Biogas itu disimpan di tangki spesifik pada bagian atas bus.

Bio-Bus tersebut dapat mengangkut sebanyak 40 penumpang. kalau tangkinya penuh terisi dengan biogas, maka cukup buat perjalanan sejauh 200 mil atau sekitar 321,7 km/liter.

"Untuk kendaraan berbahan bakar gas mempunyai peranan penting untuk memperbaiki kualitas udara di kota-kota Inggris, bahan bakar Bio-Bus tersebut diambil dari masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, dan bahkan bisa jadi orang yang duduk di bus tersebut," kata GM Geneco Mohammed Saddiq dalam sebuah percakapan.

Bagaimana tips mereka mengolah tinja serta sisa makanan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan? Yuk simak video ini:




Artikel Terkait

Berita Mobil 1596658860195058469

item