Cara Mengetahui Asli atau Tidaknya Kilometer Pada Speedometer Mobil

Speedometer Mobil
Cara Mengetahui Asli atau Tidaknya Kilometer Pada Speedometer Mobil

Saat ini banyak sekali kita jumpai showroom mobil bekas seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, dan hampir di seluruh kota-kota di Indonesia. Untuk membeli mobil bekas sebaiknya anda jangan terkecoh pada kilometer rendah yang tercatat di speedometer/odometer  mobil tersebut.  Ada sebagian yang benar, ada juga yang telah diputar mundur seakan mobil tersebut jarang dipakai.

Banyak teknologi yang dapat memutar Speedometer supaya mobil tersebut terlihat jarang terpakai. Bahkan banyak penyedia jasa untuk mengurangi jumlah kilometer yang ada dengan biaya tertentu.

”Kalau Speedometer/odometer model putaran atau manual malahan mudah diketahui, niscaya nggak presisi posisi angka-angkanya ataubahkan kelihatan bekas congkelan. Yang jadi masalah jika menggunakan odometer digital, karena sangat sulit untuk mengetahui keasliannya.

Kali ini kami akan membahas bagai mana cara mengetahui keaslian angka-angka yang terdapat pada speedometer/odometer mobil bekas.

Berikut Tips Cara Mengetahui Keaslian Angka Kilometer Pada Speedometer Mobil:

1. Yang pertama anda bisa telusuri jejak servis di bengkel tempat dia biasa servis mobil tersebut. Setelah itu lihat data servisnya, misal servis dua bulan sebelumnya adalah 100.000 km tiba-tiba waktu akan dijual menjadi 70.000 km. nah disitulah artinya ada kejanggalan.

2. Yang kedua kalau servis bukan di bengkel resminya, maka hal ini cukup sulit dideteksi. Namun jangan khawatir, anda bisa lihat pada ban mobil tersebut, lalu perhatikan kode produksinya. Jika, dia katakan baru 30.000 km, beli tahun 2012. Ternyata ban standar telah ganti dengan kode produksi baru 2014. hal tersebut juga perlu diperhatikan, karna ada kejanggalan apalagi semua ban diganti, jangan-jangan telah mencapai 50.000 km.

3. Yang perlu diperhatikan ketiga adalah pada bagian setir. Rasakan permukaan kasarnya atau biasa dibilang ”kulit jeruk”. Jika mobil berusia di bawah lima tahun, tapi setir tersebut telah halus, maka mobil tersebut pasti sering dipakai, karena jika ganti setir sangat jarang dilakukan kecuali dimodifikasi.

4. Yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah pada keseluruhan interior, terlihat rapih atau tidak. Misalkan, lihat pada jok-jok mobil tersebut, kalau mobil sering dipakai, maka permukaan jok akan sedikit ambles.

Memang untuk secara pasti mengetahui apakah mobil tersebut "km rendah" asli atau tidaknya agak sulit. Namun tips-tips tersebut yang kami jelaskan juga dapat bermanfaat ketika kita akan membeli mobil bekas.

Demikianlah informasi mengenai tips & cara mengetahui keaslian angka kilometer pada mobil bekas. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda yang sedang mencari mobil bekas.


Artikel Terkait

Tips Mobil 7386822585303840480

item