Daihatsu Luxio Sloper Memberi Kemudahan Bagi Disabilitas

Daihatsu Luxio Sloper
Daihatsu Luxio Sloper Memberi Kemudahan Bagi Disabilitas

Pada zaman dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat sangatlah memungkinkan suatu hal baru diciptakan dengan tujuan mempermudah kegiatan atau kehidupan manusia sehari-hari. Itulah yang dilakukan oleh pabrikan mobil asal negeri Sakura, Jepang, yaitu PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dibangun pada tahun 1907, kini Daihatsu menjadi pabrikan yang populer di Indonesia. Bahkan, baru-baru ini, Daihatsu mengumumkan akan meluncurkan produk baru mereka, yaitu Daihatsu Luxio Sloper.
Pertama kali diperkenalkan di Jakarta pada saat IIMS (Indonesia International Motor Show) yang ke-22. Pameran tersebut digelar pada tanggal 18-28 September 2014. Daihatsu Luxio Sloper ini ternyata dibuat khusus bagi penyandang disabilitas untuk memudahkan mereka untuk bertransportasi. Didesain apik oleh Divisi Research & Development ADM, MPV ini sendiri merupakan modifikasi dari seri Daihatsu Luxio yang berkapasitas 1.500 cc. Daihatsu Luxio yang merupakan produk dasar yang digunakan mempunyai 3SZ-VE DOHC, MPV ini memiliki ornamen krom pada sisi exterior seperti pada grille depan, side body dan spion.
Dikemas bagi penyandang disabilitas, MPV dimodifikasi pada bagian belakangnya dengan ditambahkan sloper yang memudahkan kursi roda untuk dimasukkan ataupun dikeluarkan dari dalam mobil tanpa perlu diangkat-angkat lagi. “Perubahan ada di lantai belakang dan slopernya dibuat sependek mungkin agar mempermudah naik turun kursi roda.” Perubahan dari produk ini sendiri memakan biaya kurang lebih 50 juta rupiah. Daihatsu Luxio Sloper akan diproduksi dengan volume yang sedikit dan eksklusif. “Kemungkinan Sloper akan diproduksi dengan volume yang sedikit. Untuk harganya, kita belum bisa ungkap sekarang. Tapi untuk perubahannya butuh biaya kurang dari Rp 50 juta.”

“Untuk memudahkan para penyandang disabilitas ini, Daihatsu berencana memproduksi MPV khusus seri ini.” Ungkap Pradipto Sugondo selaku Research & Development Executive Officer ADM. Namun sayangnya, Pradipto Sugondo tak menyebutkan tentang harga yang akan dipatok dengan pasti dan kapan MPV ini diluncurkan secara massal. Bagaimana, sangat membantu bukan dengan adanya MPV ini, mari kita tunggu kedatangan dari Daihatsu Luxio Sloper.

Artikel Terkait

Daihatsu 8287658142256369223

item