Kelebihan & Kekurangan Mobil Transmisi Manual


Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai kelebihan serta kekurangan mobil bertransmisi otomatis, kali ini kita akan membandingkan kelebihan serta kekurangan dengan mobil bertransmisi manual. Jadi, bagi anda yang bingung ingin menentukan pilihan pada jenis mobil tersebut, ada baiknya membaca ulasan berikut.

Kelebihan Mobil Transmisi Manual

- Mobil bertransmisi manual mempunyai tenaga serta kecepatan yang lebih bila dibandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis.

- Mobil bertransmisi manual ini mempunyai sistem engine brake sehingga ketika berada pada jalan yang menurun pengemudi bisa memainkan transmisi agar meminimalisir penggunaan rem dan menghindari rem blong.

- Mobil bertransmisi manual terasa lebih irit bahan bakar bila dibanding dengan mobil bertransmisi otomatis.

- Untuk perawatan, mobil manual lebih mudah sehingga nggak akan mengeluarkan biaya banyak buat melakukan servis. cukup mengganti oli tiap 15.000 km.

- Harga baru mobil bertransmisi manual jauh lebih murah dibanding mobil bertransmisi otomatis, serta nilai jual kembalinya (harga bekas) pun lebih tinggi dari pada mobil automatic.

Kekurangan Mobil Transmisi Manual

- Kekurangan utama mobil bertransmisi manual yaitu menjadikan kaki kiri lebih pegal sebab wajib sering memindahkan transmisi, terutama dalam keadaan lalu-lintas macet.

- Sulit dikendarai bagi pemula yang baru belajar mengemudi sebab wajib mengendalikan banyak fungsi, yaitu gas, rem, kopling, & persneling.

Nah itu lah kelebihan dan kekurangan mobil bertransmisi manual bila di bandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Transmisi Automatic



Artikel Terkait

Tips Mobil 3227434653338218866

item