Tak Mau Kalah Dari Toyota, Kini VW Produksi Mobil Hidrogen!!!

Mobil Hidrogen Volkswagen

Membuat mobil berbahan bakar hidrogen kini bukanlah hanya slogan kosong belakang. Saat ini pabrikan mobil berlomba-lomba menciptakannya, tak terkecuali Volkswagen AG (VW).

Setelah pesaingnya mengumumkan model terbarunya yang berbahan bakar hidrogen, yaitu Toyota Mirai, serta Audi dengan konsep AudiA7 Sportback h-tron di gelaran Los Angeles Auto Show 2014. Kini produsen mobil asal Jerman tersebut tak ingin ketinggalan. Di ajang otomotif yang berlangsung 18 - 30 November itu, VW juga memamerkan dua model berbahan bakar hidrogen.

“Volkswagen menyajikan premier dunia dari Golf SportWagen HYmotion & saudaranya Passat Hymotion. Keduanya itu sedang menjalani uji lapangan di jalanan California,” seperti dilansir pada Carscoops, Kamis (20/11/2014).

Untuk membangun dua model itu, secara garis besar VW berbagai teknologi mesin dengan pabrikan satu grup dengan Audi, yaitu yang digunakan oleh Audi A7 Sportback h-tron. Keduanya memakai teknologi yang mengumpulkan sel bahan bakar di dalam tangki serat karbon agar mengisi arus listrik di baterai ion lithium yang menggerakkan motor listrik.

Akan tetapi, tak seperti mobil besutan Audi yang berpenggerak empat roda sehingga membutuhkan motor listrik tambahan , VW HY Motion cuma memakai satu motor listrik. Motor itu cuma buat menggerakkan roda depan saja.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik di dua model VW itu menyentuh 134 hp. Dengan tenaga sebesar itu keduanya mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 10 detik.

VW menyebut, tempat penyimpanan hidrogen itu berada di empat tangki serat karbon yang bertekanan 700 bar atau 10.150 psi. Waktu pengisian cuma tiga menit, serta bila tangki berisi penuh, mobil mampu menempuh jeda 500 km.

Artikel Terkait

Volkswagen 2006623357903745160

item