Cara Memperbaiki Washer Wiper Mobil yang Macet

Memperbaiki Washer Wiper Mobil yang Macet

Dalam memasuki musim penghujan seperti saat ini, sudah selayaknya bagi para pemilik kendaraan untuk lebih memperhatikan kondisi kendaraannya (mobil). sebab disaat cuaca hujan, sebagian komponen menjadi sering terkena air. Hal inilah yang bisa menimbulkan permasalahan, seperti berkarat atau bahkan kerusakan pada komponen mobil tersebut.

Komponen yang sering rusak akibat hal tersebut biasanya yaitu macetnya pompa washer wiper atau semprotan air wiper. Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi pengguna mobil. karena komponen ini berguna untuk menyemprotkan air pada kaca depan supaya dapat membantu membersihkan kotoran pada kaca mobil.

Oleh karena itu agar Washer Wiper Mobil berjalan lancar, wajib selalu memeriksa tandon air & alat penyemprotnya. Selain itu periksa juga apakah penyemprot air berfungsi dengan baik atau tidak. Buat memeriksanya, yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menekan tuas washer. Apabila terdengar bunyi dengungan waktu tuas ditekan, itu artinya washer wiper masih berfungsi, namun kalau tandon air masih terisi & alat penyemprot masih berfungsi, kemungkinan ada masalah lain yang membuatnya macet.

Apabila nggak ditemukan masalah pada kedua komponen tersebut, kemungkinan masalahnya ada pada lubang corong washer. Corong penyemprot terletak di bagian kap mesin & mempunyai lubang yang kecil. Lubang ini dia yang biasanya tertutup kotoran.

"Solusinya muda kok. Cukup memakai peniti & bersihkan atau sogok lubang corong air itu dengan peniti," jelas M. Anthon Subekhi dari bengkel Anugerah Prima Motor yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah.

Dengan begitulah kotoran akan keluar & menjadikan washer wiper yang berfungsi balik dengan baik.

Artikel Terkait

Tips Mobil 6793341884299543161

item