Cara Mengatasi Pedal Kopling yang Keras Pada Mobil Anda

Mengatasi Pedal Kopling yang Keras Pada Mobil Anda
Cara Mengatasi Pedal Kopling yang Keras Pada Mobil Anda

Otomotif Nusantara - Sangat tidak menyenangkan apabila kita membawa kendaraan dan terjebak di tengah kemacetan. Apalagi saat kita sedang membawa mobil yang bertransmisi manual serta dengan pedal kopling yang terasa keras. Hal demikianlah yang membuat kita menjadi tidak nyaman karena kaki kita terasa pegal terutama pada area persendian seperti lutut & pergelangan kaki.

Sebenarnya berat tidaknya injekan pedal kopling tersebut tergantung pada varian kendaraan juga. Seperti pada mobil-mobil besar itu sengaja disetel berat agar kopling nggak selip buat menggiring bobot yang sangat berat. Misalnya mobil truk & bus. Akan tetapi buat mobil keluarga atau mobil-mobil pribadi, seharusnya pedal kopling terasa ringan. Nah, bagaimana caranya agar pedal kopling terasa ringan?

Ada beberapa cara buat mengatasi masalah kerasnya pedal kopling pada mobil. Berikut ini beberapa cara mengatasi pedal kopling yang keras yang dapat kamu lakukan:
  1. Mengganti satu set kopling mobil. Biaya yang wajib dikeluarkan memang nggak sedikit, akan tetapi permasalahan ini bisa teratasi tanpa menimbulkan masalah lagi.
  2. Apabila kerasnya pedal kopling dikarenakan kurang pelumas, cukup semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot yang terletak di fork kopling.
  3. Gunakanlah kopling secara benar, seperti memakai gigi satu buat mulai melaju, memindah tuas transmisi ke posisi netral bila berhenti, menghindari setengah kopling ketika melewati jalanan yang menanjak & nggak meletakkan kaki di atas pedal kopling selama berkendara dengan mobil.
Demikianlah beberapa tips dan cara mengatasi pedal kopling mobil yang keras. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Salam Otomotif Nusantara :)

Artikel Terkait

Tips Mobil 7668733066956305740

item