Keuntungan Mengisi Gas Nitrogen Pada Ban Mobil Anda

Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil
Keuntungan Mengisi Gas Nitrogen Pada Ban Mobil

Otomotif Nusantara - Apakah anda pernah mengisi gas nitrogen untuk ban mobil anda? Ternyata memakai gas nitrogen pada ban mobil mempunyai beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan memakai oksigen & udara pada umumnya. Salah satu keuntungan menggunakan gas nitrogen yaitu dapat menjaga keseimbangan pada tekanan ban baik pada kondisi panas maupun dingin, dan juga performa ban kendaraan anda bisa menjadi lebih maksimal.

Kepala Departemen Teknis di produsen ban nasional FDR, Jimmy Handoyo mengatakan, ada sejumlah keuntungan kalau memakai gas nitrogen pada ban kendaraan.

"Nitrogen itu kan molekul-molekulnyanya lebih besar bila dibanding dengan molekul yang dimiliki oleh angin biasa (oksigen atau udara), sebab molekul yang lebih besar ini dapat menjadikan teakannnya lebih stabil meskipun temperatur pada permukaan ban mobil mengalami peningkatan,” papar Jimmy.

"Gas nitrogen juga lebih ringan dari pada udara. Sehingga ketika membandingkannya dengan bobot biasa, tentu akan terasa sangat berbeda. Dengan demikian bermanuver pun jadi lebih nyaman, ban jadi awet sebab gesekan dengan permukaan bagian dalam ban jadi lebih ringan,” ungkap Jimmy.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kalau ingin memakai gas nitrogen pada ban mobil Anda. Jangan pernah mencampur nitrogen dengan udara pada ban tersebut, karena kegunaan pada kandungan gas nitrogen tersebut nggak akan bisa bekerja maksimal apabila di campur dengan udara atau oksigen.

Jika kamu ingin mengisi dengan gas nitrogen, carilah tempat pengisian yang terpercaya. Hal itu dilakukan sebab maraknya label tabung nitrogen yang ternyata cuma berisi angin biasa.

Demikianlah keuntungan menggunakan nitrogen pada ban kendaraan anda. semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Tips Mobil 2140842682078125299

item