Perbandingan Honda Mobilio, Toyota Avanza & Suzuki Ertiga 2015

Honda Mobilio, Toyota Avanza & Suzuki Ertiga 2015


Honda Mobilio vs Toyota Avanza & Suzuki Ertiga 2015 - Mobil MPV yang dirilis oleh Honda awal tahun 2014 tersebut menawarkan berbagai keunggulan mulai dari teknologi, fitu serta keamanan & kenyamanan bila kita bandingkan dengan para pesaingnya yaitu Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Chevrolet Spin serta mobil MPV Nissan Grand Livina. akan tetapi kita hanya akan membandingkan Honda Mobilio dengan Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga saja.

Perbandingan Dimensi Mobilio, Avanza, Ertiga 2015

Jika kita membandingkan dimensinya, Honda Mobilio tersebut mempunyai panjang 4.390 mm. Mobilio lebih panjang 250 mm dari Toyota Avanza yang panjangnya 4.140 mm dan 125 mm lebih panjang dari Suzuki Ertiga yang panjangnya 4.265 mm.
   
Untuk tingginya, Honda Mobilio mempunyai 1.610 mm.  Lebih rendah 85 mm dengan Toyota Avanza (1.695 mm) & 75 mm sejak Suzuki Ertiga (1.685 mm). Sedangkan untuk lebarnya, Honda Mobilio mempunyai angka 1.680 mm. lebih lebar 20 mm dariToyota Avanza, akan tetapi Honda Mobilio kalah lebar 15 mm dari Suzuki Ertiga.

Perbandingan Performa Mobilio, Avanza, Ertiga 2015

Sekarang kita beralih ke performa ketiga mobil ini. Honda Mobilio mengandalkan mesin L15A dengan kapasitas 1.500 cc, teknologi i-VTEC, SOHC & drive by wire yang keluar paling akhir. Sedangkan Suzuki Ertiga mengandalkan mesin seri K14B dengan kapasitas 1400 cc dengan teknologi DOHC & VVT.

Teknologi CVT yang diberikan pada Mobilio tak cuma stabil pada jalan rata, akan tetapi juga stabil pada jalan yang menanjak. Teknoli CVT pada Honda Mobilio tersebut membuatnya semakin dapat mengungguli Ertiga dan Avanza yang merupakan pesaingnya.

Sedangkan pada Toyota Avanza, sumber tenaga masih mengandalkan dua pilihan mesin lama yang diklaim irit BBM yaitu 1.300 cc, & 1.500 cc dengan spesifikasi mesin 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVTi (104 PS & torsi rpm). Keduanya ditawarkan dalam dua pilihan transmisi manual 5 akselerasi & 4 akselerasi otomatis.

Akselerasi mesin tersebut mulai terasa pada putaran bawah sampai atas. Keuntungan yang diberikan adalah disaat pengemudi membutuhkan pergerakan cepat waktu ingin mendahului mobil lainnya, mesin tersebut mampu bekerja agresif seirama dengan pijakan pedal gas yang dilakukan pengemudi. Hal tersebut hampir sama dengan kedua rivalnya, bahkan Honda Mobilio dapat dikatakan lebih unggul dari Avanza.

Perbandingan Kenyamanan Mobilio, Avanza, Ertiga 2015

Kenyamanan menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan pilihan. Bila melihat kedalam kabin masing-masing, tentunya setiap merek mempunya jenis dan gaya masing- masing serta memiliki kelebihan. Bila di lihat dari jok.

Untuk bagian Jok, Suzuki Ertiga masih tetap yang paling nyaman di kelas mobil MPV mengungguli Avanza serta Mobilio. Sebab Ertiga mempunyai redaman ekstra waktu berada di jalan rata atau tidak. Padahal bahan serta kualitas jok di antara tiga mobil tersebut hampir sama. Hanya saja yang membedakannya yaitu ketebalan jok. Suzuki Ertiga mempunyai jok yang lebih tebal sehingga ketika dipakai duduk bisa terasa empuk & nyaman sekali. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan buat berkendara jauh.

Perbandingan Harga Mobilio, Avanza Ertiga 2015

Kita mulai dari tipe tertinggi Honda Mobilio. Harga Mobilio Prestige sedikit lebih mahal bila dibanding dengan Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga pada tipe tertinggi mereka, dan Toyota Avanza yang paling murah. Sedangkan untuk tipe terendah, yang paling murah adalah Suzuki ertiga dan yang paling mahal adalah Toyota Avanza.

Meskipun harga dari Honda Mobilio untuk tipe tertinggi di banderol jauh lebih mahal bila dibanding dengan para kompetitornya, namun untuk penjualan masih bisa bersaing dengan baik. Persaingan harga tersebut tidak membuat Honda Mobilio sepi peminat, karena harga yang diberikan tersebut sebanding dengan apa yang diberikan oleh honda Mobilio yang memberikan berbagai macam kelebihan yang nggak dimiliki oleh para kompetitor di kelasnya.

Memang dalam hal fitur keselamatan yang diusung sejak ketiga mobil baru tersebut, Honda Mobilio tipe terendah pun setelah dibekali dengan dual airbags, G-CON, seat belt pretensioner, load limiter & immobilizer. Kemudian Toyota Avanza tipe terendah setelah dibekali airbags tetapi nggak mempunyai rem ABS. & yang terakhir pada Suzuki Ertiga terendah yang setelah dibekali dengan Airbags & ABS tetapi nggak mempunya fitur selengkap Honda Mobilio.

Berikut perbandingan harga Honda Mobilio, Suzuki Ertiga & Toyota Avanza dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga MobilioHarga AvanzaHarga Ertiga
S MT : Rp 159,5 juta1.3 E M/T : Rp 163.15 jutaGA : Rp 151.3 juta
E MT : Rp 179 juta1.3 E A/T : Rp 173.7 jutaGL M/T : Rp 167.3 juta
E CVT : Rp 189,5 juta1.3 G M/T : Rp 179.1 jutaGX A/T : Rp 179.3 juta
Prestige: Rp 198 juta1.3 G A/T : Rp 189.8 jutaGL M/T : Rp 178.3 juta
GX A/T : Rp 190.4 juta
Harga diatas adalah harga pada bulan-bulan sebelumnya. Demikianlah ulasan mengenai perbandingan dimensi, performa, kenyamanan, serta harga pada mobil MPV.


Artikel Terkait

Toyota 5554046355476063944

item