Tips & Cara Menggunakan NOS Pada Motor Untuk Balapan


Tips & Cara Menggunakan NOS Pada Motor Untuk Balapan

Otomotif Nusantara - Mungkin bagi sebagian orang yang suka dengan dunia balap atau yang sering menonton film-film bertemakan balapan, tidak asing dengan NOS, yaitu sebuah komponen yang dapat meningkatkan performa mesin kendaraan anda. Lalu bagaimanakah cara kerja NOS tersebut sihingga dapat meningkatkan kecepatan motor anda?

Sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa itu NOS? NOS adalah Nitrous Oxide System yaitu suatu nitrous yang dibuat oleh Holley Motor Company. Saat ini banyak merek-merek nitrous, namun pada prinsip kerjanya sama.

Nitrous yang mengandung N2O ini sangat kondang di ajang balapan terutama pada drag race dan tuning pada modifikasi mesinnya. Cara kerjan nitrous yang berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepat menguap di tekanan atmosphere. Senyawa inilah yang masuk ke combustion chamber lalu pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen, kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi 1/2 kadar oxygen di udara.

Bercampurnya oxygen tersebut dengan senyawa hidrokarbon yang selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol tersebut menghasilkan tekanan kompresi yang ngedongkrak tenaga mesin dalam waktu instan selama nitrous tersebut masih berada di chamber.

Bagaimana, tertarik menggunakan NOS pada motor kesayangan kamu? Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara memasang NOS pada motor-motor balap atau juga memasangnya pada motor Drag.

Sebenarnya memasang NOS pada motor drag atau motor lainnya tidak boleh sembarangan, harus mempunyai keahlian khusus. Sebelum memasang NOS pada motor, yang paling utama yang harus kamu perhatikan adalah cek terlebihdaulu mesin motor kamu apakah kuat atau tidak untuk memakai NOS tersebut. Sebab mesin motor itu kecil serta tidak muat menampung NOS lebih dari 35 persen. jika mesin motor kamu lumayan besar bisa memakai NOS.

Biasanya jika buat motor drag, cc-nya telah dinaikin menjadi 250 atau 300cc. Sebab kalau dipaksa atau oksigennya terlalu banyak serta bensinnya nggak mendukung, malahan performa motor kamu bakal menurun hasilnya. Mesin jadi sering menembak-nembak dan juga bisa merusak piston motor.

Cara kerja NOS di motor-motor drag bermanfaat pada saat berada di kecepatan maksimal atau gigi telah mentok, maka NOS dapat digunakan atau disalurkan ke intake, internal combustion chamber & efeknya baru akan terasa. NOS tersebut dapat meningkatkan compression ratio & tentu saja power & torsinya menjadi besar. Biasanya NOS dapat mendokrak tenaga dari 25 hingga 35 persen. Jadi dapat tidaknya menggunakan NOS itu ditentukan pada kekuatan mesin & kapasitas sistem bensin motor tersebut.

Usahakan pengaturan pengapiannya dimundurin sedikit, sebab hal tersebut menjadikan kecepatan pembakarannya lebih kencang. jika dipasang NOS usahakan pakai busi yang lebih dingin, sebab temparatur ruang bakarnya akan lebih panas.

Itulah beberapa tips dari kami mengenai cara menggunakan NOS pada motor balap dengan benar. Semoga cara menggunakan NOS tersebut dapat memberikan ilmu untuk memodifikasi mesin motor kesayangannya.

Artikel Terkait

Tips Motor 4650503442668542847

item