Inilah Helm Tercanggih di Tahun 2015

Helm Tercanggih di Tahun 2015 - Banyak orang berpendapat bahwa helm hanyalah berfungsi sebagai alat untuk pelindung kepala disaat kita mengendarai sepeda motor. Namun, kini kegunaan helm tidak hanya untuk pelindung kepala saja, banyak fungsi menarik yang ditawarkan pada helm-helm moderen.


Seperti yang dilansir oleh situs Autoevolution, pada hari Sabtu 21 Februari 2015. Sebuah perusahaan Nand Logic tengah mengembangkan desain helm terbaru yang kaya akan teknologi canggih. Desain helm tersebut lain dari helm biasanya, yaitu agak melancip di bagian belakangnya, mirip dengan helm yang dipakai oleh para pembalap sepeda.

Bentuk desain helm tersebut dipilih sebab dianggap dapat mengurangi kendala angin, sehingga leher pengendara nggak cepat merasa pegal. Pada bagian depan helm juga dapat dibuka, sehingga menjadi bentuk half-face. nggak lupa dipasangkan kaca pelindung mata agar mengurangi teriknya sinar matahari yang dipasang di belakang kaca utama helm.

Akan tetapi, bukan itu keunggulan utama helm tersebut. Keunggulan helm tersebut justru terletak pada teknologi yang ada padanya. Seperti apa sih Teknologi Helm Tercanggih ini?

Teknologi yang diberikan pada helm tersebut yang pertama yaitu adanya lampu di bagian depan, bagian samping, dan belakang, yang telah memakai teknologi LED. Lampu depan berfungsi untuk penambahan penerangan, sedangkan pada lampu sampingnya akan menyala apabila si pengendara hendak berbelok.

Helm tersebut dilengkapi dengan beragam sensor, mulai suhu hingga akselerasi. Sensor percepatan tersebut terhubung dengan lampu belakang helm, serta akan menyala bila sipengendara melakukan pengereman. Pada kondisi darurat, seperti halnya pengereman mendadak, lampu belakang tersebut akan berkedip dengan cepat, agar memberi tahu pengguna jalan yang berada di belakangnya supaya menjaga jarak.

Helm itu juga dilengkapi dengan dua buah kamera, yang satu di depan dan yang satunya lagi berada di belakang. Kamera tersebut berfungsi buat memantau situasi lalulintas. Memiliki sistem komputer, kamera dapat mendeteksi adanya bahaya, contohnya seperti kendaraan lainyang akan memotong jalan, serta memberi tahu si pengguna helm melalui pengeras suara.

Untuk kenyamanan, helm tersebut dilengkapi dengan sistem audio canggih yang dapat mendeteksi suara sirine atau klakson. Sistem tersebut mempunyai komputer tersendiri, juga dapat dihubungkan dengan beragam varian gadget, seperti ponsel atau GPS.

Teknologi yang terakhir, helm memberi kenyamanan waktu berkendara di cuaca yang panas, Nand Logic memasang kipas angin kecil di bagian dalam helm. Kipas tersebut akan berfungsi waktu suhu yang dideteksi melalui sensor suhu & kelembaban.

Sayangnya Nand Logic belum mengumumkan, berapa yang dibandrol untuk harga helm canggih tersebut. Akan tetapi mereka memastikan, bahwa harga helm tersebut nggak lebih dari US$500, atau kisaran Rp 6,4 juta

Artikel Terkait

Berita Otomotif 989838586554527595

item