Alasan Mengapa Avanza Masih Menjadi Mobil Favorit

Di tahun ini mobil yang menjadi favorit serta terlaris di Tanah Air masih belum berubah. Apalagi mobil dengan varian Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga masih menjadi kendaraan roda empat paling diminati.

Berdasarkan data yang disebutkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil Toyota Avanza masih unggul di posisi pertama serta berada jauh dari penjualan para pesaingnya-pesaingnya.



Di akhir penghujung 2014 saja,  mobil Toyota Avanza telah berhasil menjual sekitar 162.070 unit, sementara pada posisi kedua yang ditempati Honda Mobilio tersebut sangat jauh terpautnya yaitu 79.228 unit terjual.

Menurut Rahmat Samulo yang merupakan Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), kunci utama kesuksesan penjualan Avanza sebetulnya bukan terletak pada kendaraannya, akan tetapi pada jaringan aftersales yang dihadirkan Toyota buat menjawab semua kebutuhan konsumen.

Menurutnya, menjual mobil itu memang taksemudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Sebab, para pabrikan juga wajib siap dengan berbagai kelengkapan & faktor pendukung lainnya buat menunjang penjualannya tersebut.

"Salah satu kunci kesuksesan Toyota, yaitu penguatan jaringan aftersales, seperti halnya ketersediaan suku cadang & layanan servis. Penambahan diler buat mengontrol penjualan di berbagai wilayah juga sangat penting," ujar Samulo saat di wawancarai.

"Kami menciptakan sendiri image terhadap Toyota. Hal tersebut, bagaimana kami memberi produk yang pas dengan pelayanan serta kelengkapan jaringan," kata Samulo.

Dengan demikian, tak heran kalau sekarang Low MPV kebanggaan Toyota yaitu mobil Avanza, masih terus berada di posisi puncak penjualan mobil terlaris di Indonesia. Bahkan, Avanza tak cuma menguasai penjualan pada segmen tersebut, namun juga telah mengungguli penjualan mobil secara nasional.

"Walau jarang sekali mengalami perubahan, menurut survei yang telah kami lakukan, mobil Avanza masih cocok dengan selera & kebutuhan masyarakat saatini,\" ujar Samulo.

Artikel Terkait

Toyota 6319937900500510946

item