10 Tips Merawat Ban Mobil Anda Dengan Benar


OTONUSA.COM - 10 Tips Merawat Ban Mobil Anda Dengan Benar, Ban mobil adalah salah satu komponen terpenting dalam kendaraan kita karena komponen yang satu ini yang menentukan kendaraan kita bisa jalan atau tidak, tidak terbayangkan kan jika kendaraan kita tidak memiliki ban , pasti akan sangat meribetkan kita, sebagai pemilik kendaraan kita harus selalu menjaga komponen kendaraan kita, salah satu nya kita harus menjaga atau merawat komponen yang satu ini yaitu ban kendaraan kita, kenapa sih kita harus melakukan perawatan pada ban ?, karena jika kita tidak melakukan perawatan pada ban kendaraan kita bisa berakibat fatal pada si sang pengendara, menurut data yang di kelola Departement Kesalamtan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, kurang lebih sebanyak 660 kasus kecelakaan yang terjadi di lalu lintas di sebabkan oleh kurang nya tekanan angin dalam ban, dan sebuah penilitian yang di lakukan oleh Rubber manufacturers Association ( RMA ) baru-baru ini,yang mensurvei kurang lebih 1000 orang pengemudi di dunia negara bagian, menemukan beberapa fakta bahwa :

- 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan angin pada ban di kendaraan nya sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan.
- Hanya 19% dari para pengendara yang selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban di kendaraan mereka.
- Tiap buan, tiga dari empat pengendara mencuci kendaraan mereka, sementara hanya ada satu di antara lima pengendara yang memeriksa keadaan ban mereka.

Dan kali ini OTONUSA.COM akan memberikan beberapa tips untuk anda agar melakukan perawatan pada ban anda dengan benar.

1. Tips pertama dalam merawat ban mobil dengan benar yaitu jangan pernah menunggu sampai ban anda rusak, biasakan diri anda untuk selalu memeriksa tekanan pada ban mobil anda, minimal sekali dalam sebulan anda melakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban anda.

2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional bagi buat kendaraan anda. ukuran tekanan ban yang pas bisa anda lihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu mobil anda.

3. Untuk mendapatkan hasi yang valid untuk tekanan ban mobil anda , periksa lah tekanan ban mobil anda ketika keadaan ban mobil anda dingin.

4. Uang koin bisa menunjukan kepada anda tingkat kegundulan ban anda. letakan uang koin di tapak ban mobil anda. jika anda bisamelihat seluruh gambar uang koin anda, maka saat nya anda mengganti ban mobil anda.

5. Lakukan pemeriksaan berkala pada ban anda , paling tidak sebulan sekali dan periksalah tekanan angin dalam ban agar selalu berada dalam posisi yang proporsional.

6. buatlah jadwal. pastikan anda menukarkan ban depan mobil anda dengan ban belakang anda setiap sampai 6000 ml, agar menyeragamkan keadaan ban anda dan agar ban anda bisa tahan lama.

7. Jagalah ban mobil anda dari keadaan jalan yang mempunyai jalan berlubang.

8. Jangan pernah anda mengendarai kendaraan mobil dengan ban tanpa penutup pentil nya.

9. periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil secara berkala.

10 Perhitungkan bobot yang harus di muat oleh mobil anda. jika muatan melebihi kapasitas mobil anda dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil anda.

itu lah beberapa tips yang bisa OTONUSA berikan kali ini, dan semoga dengan ini anda selalu meperhatikan keadaan serta merawat ban mobil anda.

BACA JUGA ARTIKEL KAMI YANG 
All-New Camaro Generasi Baru Chevrolet di 2016

Artikel Terkait

Tips Mobil 9158802422463197048

item