Honda Tidak Akan Memproduksi Motor Murah di Indonesia


Honda Tidak Akan Memproduksi Motor Murah di Indonesia - Hal ini dikarenakan AHM selaku produsen sepeda motor merk Honda merasa bahwa Indonesia bukan pasar yang potensial untuk sepeda motor murah. Walaupun sebenarnya saat ini Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pasar paling menjanjikan bagi pabrikan ini. Dalam setiap tahunnya ada jutaan unit sepeda motor baru yang laku terjual. Jika dilihat berdasarkan fakta, harga motor di Indonesia termasuk sangat tinggi.
Sebagai contoh, untuk dapat memiliki sebuah motor skutik yang saat ini tengah menjadi favorit, para konsumen harus mengeluarkan dana minimal Rp 14 jutaan. Hal ini sangat berbeda dengan negara India yang sama-sama menjadi pasar motor terbesar dunia, di India banyak sekali motor murah yang harganya hanya Rp 6 hingga Rp 10 jutaan. Hal ini pun membuat pihak AHM sedikit bingung dan ragu untuk memproduksi motor sejenis seperti di India untuk dipasarkan di Indonesia. Dan pihak Honda sepertinya telah membulatkan tekad untuk tidak akan pernah memproduksi motor murah di Indonesia.

“Kita lihat motor-motor buatan China yang ada. Tidak banyak kan peminatnya,” ujar salah seorang petinggi di AHM. Penyebab utama dari tidak lakunya motor murah di Indonesia antara lain karena sifat gengsi yang dimiliki masyarakat Indonesia sangat besar. Dan dia juga mengatakan bahwa pasar motor dan mobil di Indonesia sangat berbeda dimana para konsumen motor kebanyakan melihat desain baru melihat harga, berbanding terbalik dengan konsumen mobil. Hal ini sangat berlaku untuk segmen motor sport. Banyak sekali konsumen yang membeli motor sport hanya karena senang dengan desainnya.

AHM yang kini dengan serius menggeluti pasar big bike dan membuang jauh-jauh pasar motor murah di Indonesia kini juga masih menggodog beberapa desain untuk diluncurkan di Indonesia nantinya.

“Pasarnya memang kecil. Tapi kita akan berusaha memenuhi permintaan konsumen,” jawabnya.
Namun AHM masih belum mau menjelaskan secara detail tentang model big bike teranyarnya ini. Pasar Indonesia kini tengah mengarah ke model sport, untuk model lain seperti cruiser dan adventure memang memiliki peminat namun tidak sebanyak dan sekompleks model sport.

“Contohnya Goldwing. Motornya bagus, tapi berapa banyak yang mau pakai sehari-hari?” pungkasnya.

Pasar motor di Indonesia memang sedang mencapai puncaknya akhir-akhir ini dengan maraknya persaingan motor di segmen motor sport 150cc, segmen skutik hi-tech  dan segmen big bike. Motor murah sejenis bebek biarpun harganya bisa dikatakan tidak semurah motor di India pun kini tengah memasuki masa sekaratnya. Bisa dilihat dari sedikitnya produk motor bebek baru yang dikeluarkan oleh pabrikan. Para konsumen motor di Indonesia kini memilih motor dengan harga yang tinggi daripada motor murah.


Artikel Terkait

Motor Honda 1794763793624531050

item