Calya dan Sigra si Kembar Dari Toyota dan Daihatsu


Pecinta Toyota kini menyambut kedatangan produk baru di segmen mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC) dengan kapasitas tujuh penumpang. Mobil ini diketahui bernama Toyota Calya.

Mobil yang merupakan hasil kerja samanya dengan Daihatsu ini akan menjadi produk kembar layaknya Avanza-Xenia, Rush-Terios serta Agya-Ayla. Mobil tersebut akan diposisikan di bawah Avanza-Xenia & berada di atas Agya-Ayla.

Jika Toyota memberi nama mobilnya Calya, Daihatsu memilih nama Sigra. Kabarnya, LCGC hasil kerja sama Toyota-Daihatsu tersebut akan mulai dirilis pada awal Agustus 2016 mendatang.
Lantas, bagaimana reaksi Suzuki, apakah nggak takut kecolongan? Diketahui, Suzuki juga mempunyai "gacoan” serupa, yaitu LCGC tujuh penumpang yang sempat dipajang di sejumlah kesempatan. Pertama kali, dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu.

seperti yang dilansir di vivanews, menurut 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J Tuilan, beliau mengaku tak ambil pusing. Kata Davy, meski Suzuki belum meluncurkan “gacoannya”, namun beliau memprediksi LCGC tujuh penumpang memang akan menjadi pilihan baru bagi konsumen di Indonesia.

"Karena merupakan pasar Indonesia, bottom margin di nilai Rp150 juta. Di 2010, diprediksi pasar Indonesia di level 1,4 juta unit, tetapi ternyata turun menjadi 1,2 unit turun lagi ke satu juta unit (penjualan terus turun)," kata Davy, waktu ditemui wartawan di kawasan SCBD, Sudirman, Selasa 31 Mei 2016.

Lebih lanjut, Davy menuturkan, dengan kondisi tersebut, terlihat kalau kondisi pasar tak bagus & butuh stimulus baru buat memantik daya beli masyarakat yang sebetulnya masih besar. Tak heran, sekarang masyarakat mulai memilih mobil dengan nilai yang cukup terjangkau, di antaranya LCGC.

Terlebih, edisi tujuh penumpang yang kian dilirik para pemain otomotif Tanah Air dan diprediksi akan terus laris, sebab masyarakat Indonesia yang suka guyub, saat berkendara bersama sanak-saudara dengan kehadiran kabin yang luas.

"Mereka memang mau beli mobil, hanya ekspetasinya seven seater, ya sudah, bikin batter margin turun dengan LCGC yang seven seater. Jadi, menurut saya, merek apapun, akan tergiur dengan seven seater LCGC," kata Davy.

Artikel Terkait

Toyota 4330648921283185026

item